Picture

 
 
 
 
Picture
Siang itu di hari rabu yang cerah, lobby Kampus 3 Gedung Bonnaventura Universitas Atma Jaya diceriakan dengan adanya Radio Show. Mengusung topik pembicaraan mengenai event Seminar MotiPreneur yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi, acara yang di pandu oleh dua host dari Atma Jaya Radio tersebut berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Kali ini Radio Show berkesempatan untuk berbincang langsung dengan ketua panitia beserta koordinator Seminar MotiPreneur. Perbincangan menjadi sangat menarik ketika mereka menceritakan suka duka dalam mengadakan acara berskala nasional tersebut.

Dalam merencanakan dan menjalankan sebuah acara, seringkali harus menghadapi yang namanya masalah atau problem. Seperti yang dikatakan ketua panitia bahwa dalam kepanitiaan seminar motipreneur, mereka sering menghadapi kendala. Diantaranya adalah proses peggalangan dana dan sering terjadinya mis-communication antarsesama panitia atau panitia dengan pihak lain. Hal tersebut juga diamini oleh koordinator acara. Namun, terlepas dari berbagai kendala tersebut, mereka sangat menikmati peran yang mereka mainkan dalam acara besar ini.

Seminar Motipreneur sendiri berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 5 – 6 Maret 2013 dengan menghadirkan 4 narasumber yang sudah malang melintang di bidangnya. Seperti Pulung Agung Dinugraha, SE (Fade out Management), Yoyok Heriwahyono (Owner Restoran Spesial Sambal), Peter Firmansyah (Owner Peter Says Denim), dan juga Motivator kondang Merry Riana. Suasan hari yang panas semakin memanas dan meriah dengan adanya live performance dari DJ yang memutarkan lagu-lagu favorit anak muda. Ditambah pada jam tersebut adalah waktu istirahat untuk para mahasiswa fakultas ekonomi UAJY.  

Selain itu, Radio Show juga mendapat kesempatan emas untuk berbincang langsung dengan Bapak Yoyok Heriwahyono. Beliau adalah owner dari restoran Spesial Sambal atau lebih tenar dengan sebutan SS. Restoran yang menyediakan berbagai macam sambal ini memang sudah terkenal dan telah membuka  25 cabang di seluruh Indonesia. Tanggapan positif diberikan Bapak Yoyok mengenai seminar ini. Menurut beliau acara ini keren, perencanaannya bagus dan terkendali.

Selain memberikan tanggapan, Bapak Yoyok juga memberikan sharing tentang pendirian usaha kulinernya tersebut. Salah satu sumber inspirasi utama sekaligus alasan didirikannya rumah makan tersebut, tidak lain adalah karena beliau sangat mencintai sambal. Menurut beliau, mengelola suatu usaha yang sesuai dengan kesukaan akan lebih terasa enjoy. Beliau juga bertutur bahwa kesulitan yang dialaminya adalah ketika ia memulai usaha tersebut dengan modal kenekatan.

Namun, kenekatan itu membuahkan hasil yang luar biasa ketika telah dikelola dengan sungguh-sungguh dan sabar. Di ujung pembicaraan, Bapak Yoyok memberikan sebuah pesan untuk anak muda yang memiliki jiwa entrepreneur. “Tentukan pilihanmu sekarang dan tunjukkan bahwa anak muda jaman sekarang bisa berhasil dalam usaha yang dimulai dari nol dan juga sukses di studi,”tuturnya serius. Beliau juga menambahkan bahwa nekat adalah modal utama. Namun, jangan mengartikan kenekatan itu dalam arti yang negatif, tetapi dari segi positif dan dikelola dengan positif pula.  Radio Show pun diakhiri sekitar pukul 14.00 dengan DJ performance.

Liputan Radio Show Rabu, 6 Maret 2013

Oleh : Sofi Cahyaningrum – Margaretha Sonya


 
 
Picture
Departemen Akademik Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia kembali mengajak kalian khususnya para mahasiswa untuk bergerak dan berkarya menciptakan dunia komunikasi yang lebih fun dan beretika melalui acara Pekan Komunikasi 2013 dengan tema MEDIA FUN-ETHICS! 16 hingga 19 April 2013 di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.



Di sini kamu bisa belajar langsung dari para praktisi, sekaligus mengasah kemampuan lewat kelima mata acara.

Ada JOURNALIGHT buat kamu yang tertarik di bidang jurnalistik.

MEDIA MATTERS, buat kamu yang suka riset dan ingin jadi pakar media.

PRVAGANZA, buat kamu yang mau lebih terampil di bidang public relation.

Suka bikin film? Tertarik sama industri penyiaran? Ada CREABO – Create & Broadcast!

Dan terakhir ada ADWAR, buat kamu yang mau terjun ke dunia kreatif periklanan.

Ayo ikuti kompetisi, seminar, dan workshop-nya! Pendaftarannya sudah dibuka dari sekarang lho!*

Untuk info lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi aja www.pekankomunikasi.org atau follow Twitternya di @pekankomunikasi.

Pekan Komunikasi 2013 - Dare to be fun, yet ethical?


 
 
Picture
Atma Jaya Radio ikut serta meramaikan acara ini dalam bentuk "Radio Show". Berikut acaranya :

Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta mempersembahkan sebuah trilogy entrepreneurship. Sebuah acara menjelujuri dunia entrepreneurship melalui sebuah proses yang sayang jika dilewatkan.

MOTIPRENEUR terdiri dari tiga acara besar, yaitu Talkshow, Seminar Edukasi, dan Seminar Motivasi. Tiga kamar dalam satu rumah yang berfondasikan asas entrepreneur. Peserta akan dibawa memahami kondisi awal memasuki dunia bisnis kemudian memahami proses positioning guna membawa ke tingkat tertinggi, dunia. Taklupa juga peserta akan dimotivasi di akhir acara demi membekali secara mental dan psikologis.

Berikut ini rangkaian acara MOTIPRENEUR 2013 :

1. TALKSHOW
Tema : Sense of Entrepreneur
Pembicara : Pulung Agung Dinugraha
Owner dari Fadeout Management (alumni Wirausaha Muda Mandiri)
Waktu : Selasa, 5 Maret 2013 | 09.30 s/d 12.00 WIB
Tempat : Auditorium Gedung Bonaventura Fakultas Ekonomi Univesitas Atma Jaya Jogja
HTM : Rp 50.000,-
Fasilitas : Seminar Kit
Lunch
Sertifikat
Doorprize*

2. SEMINAR EDUKASI
Tema : Choice is Yours, Be Success !
Pembicara : A. Peter Firmansyah
Owner dari Peter Says Denim
B. Yoyok Heri Wahyono
Owner dari Special Sambal
Waktu : Rabu, 6 Maret 2013 | 09.30 s/d 15.00 WIB
Tempat : Auditorium Gedung Bonaventura Fakultas Ekonomi Univesitas Atma Jaya Jogja
HTM : Rp 75.000,-
Fasilitas : Seminar Kit
Snack
Lunch
Sertifikat
Doorprize*

3. SEMINAR MOTIVASI
Tema : Choose Your Love, Love Your Choice
Pembicara : Merry Riana
- Owner Merry Riana Organization
- Motivator Wanita Terbaik di Asia
- Penulis buku Best Seller “Mimpi Sejuta Dollar”
Waktu : Kamis, 7 Maret 2013 | 09.00 s/d 12.00 WIB
Tempat : Auditorium Gedung Bonaventura Fakultas Ekonomi Univesitas Atma Jaya Jogja
HTM : Presale : Rp 150.000,-
Reguler : Rp 200.000,-
Fasilitas : Seminar Kit
Snack
Lunch
Sertifikat
Sesi Foto dan Tanda Tangan bersama Miss Merry Riana
Doorprize*
TRILOGY TERHEBAT TAHUN INI ? YA !
Trilogy acara yang akan mengantarkan peserta menuju gerbang kesuksesan dan menghadirkan pengalaman yang tidak akan terlupakan.
Segera daftarkan diri kalian dengan cara mendaftar di Ticket Box Motipreneur yang terletak di Stonebox Gedung Bonaventura Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Jogja ( Jl. Babarsari No. 43, Jogja )
Ikuti informasi lebih lanjut dan kejutan seru serangkaian acara dengan cara follow Twitter kami di @SeminarHMPSM
Untuk info lebih detail bisa menghubungi :
• Clara Maheswari ( 085731624148 )
• Yulius Wahyu ( 085641564373 )




 
 
Atma Jaya Radio telah melaksanakan workshop jurnalistik radio sebagai wadah mahasiswa untuk mengetahui lebih dekat lagi mengenai dunia Radio. Acara yang di selenggarakan pada tanggal 13 April 2012. Workshop ini menghadirkan 2 pembicara yang kompeten yakni : 

* Denie Artha (Program Director Star Jogja)

* Bayu Yanuar (Reporter Star Jogja)

Workshop ini mendapat antusias dari mahasiswa dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Dan acara ini terlaksana oleh panitia yang di koordinatori oleh Triaji Roy Gunawan.

Regards, 

Humas AJR

 
 
Setelah melalui perdebatan dalam rapat besar pada hari Minggu, 30 Oktober 2011. Akhirnya kami dari Atma Jaya Radio (AJR) telah mendapatkan kesepuluh nama untuk menjadi warga dari #KampoengSembilan. Bukan hal yang mudah untuk menentukan siapa penerus AJR kedepannya. Karena sebuah organisasi harus ada yang namanya regenerasi untuk menciptakan iklim yang baik dalam sebuah organisasi. Bagi mereka yang belum lolos untuk menjadi bagian dari AJR jangan berkecil hati karena masih ada tahun depan dan tetaplah menjadi mahasiswa yang PRODUKTIF. Atma Jaya Radio | We Always Be Your True Friend.

10 warga #KampoengSembilan:
  1. Alfred Eben
  2. Andreas Evan Pradana
  3. Angelica Vercelly S.
  4. Antonia Adega
  5. Bastanta B. Perangin angin
  6. Dyah Arum Narwastu
  7. Katarina Tathya R
  8. Ruth Theodora Jans
  9. RR. Triajeng Gumpita
  10. Triaji Roy Gunawan

SELAMAT! PROVICIAT! Semoga menjadi warga yang baik dan amanah menjalankan visi misi AJR.


FB: Ajr Jogja
Twitter: @1078AJR


Best Regards,



Roy Rajagukguk
Manajer OFF AIR
 
 
"RADIO masih tetap survive meski sudah ada media lain. Ini tidak lepas dari biaya murah dan kecepatan akses yang nyaris dikalahkan televisi dengan model live dan streaming internet. Walaupun begitu, 10 tahun lalu radio masih merupakan media yang paling cepat memberikan informasi kepada masyarakat."

        Hal itu disampaikan dosen prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Yohanes Widodo SSos MSc pada Workshop #sensEIGHTion : Strive to be an Announcer, Atma Jaya Radio (AJR) di Ruang Video Conference lantai 4 Perpustakaan UAJY, Jumat (9/9).
       Pada acara yang didukung SKH Kedaulatan Rakyat ini, hadir juga pembicara lain, Lusi Laksita. Acara ini digelar untuk merayakan HUT ke-8 AJR, yang dirangkai lomba penyiar radio, diikuti 30 peserta, Kamis (8/9) lalu.
“Kemampuan radio untuk tetap survive, tidak lepas dari programnya yang mampu menjangkau target spesifik dan segmen yang relatif sempit. Radio juga mampu mengolah isu lebih dalam melalui talkshow dan bisa didengarkan di mana pun.
        Apalagi radio memiliki perspektif lokal yang kuat dan kental seperti penggunaan bahasa Jawa atau memutar musik campursari,” jelas Widodo yang juga Wakil Dekan II. Menurut laki-laki yang akrab dipanggil Mas Boi ini, radio juga sangat personal karena mampu memberikan sentuhan emosi secara pribadi kepada pendengarnya. Penyiar seolah-olah sedang bicara kepada pendengarnya. “Radio is sound, ini berkaitan erat dengan pembangunan theatre of mine dari pendengarnya. Selain itu, media ini memiliki kemampuan untuk memberikan akses informasi bagi masyarakat yang tidak bisa membaca. Bisa juga radio is hand free, sambil mendengarkan radio kita tetap bisa beraktivitas,” ungkap Widodo. (M-2)-k

 
 
Hay peserta lomba penyiar #sensEIGHTion !!! Apa kabar? Pasti udah gak sabar untuk tau siapa aja yang lolos 8 besar untuk berjuang di Grand Final besok. Namun, sebelumnya mau ngucapin SELAMAT dulu buat yang lolos dan tetap SEMANGAT dan BERJUANG selalu yah, masih ada kesempatan lain di luar sana. Hehehe
Oke, langsung aja diumumin yang lolos 8 besar, yaitu:

1. Ruth Theodora (nomor urut 1)
2. Angelica Vercelly (nomor urut 2)
3. Odilia Kristi (nomor urut 3)
4. Tika Dian Pratiwi (nomor urut 4)
5. Jastuti Herlina Gultom (nomor urut 5)
6. Ni Made Florentina (nomor urut 6)
7. Katarina Tathya R (nomor urut 7)
8. Alfred Eben Ezer S (nomor urut 8)

NB: Nomor urut sudah kami tentukan, jadi yang di dalam kurung itu nomor urut untuk kalian berlaga.

SELAMAT yah! Tapi perjuangan belum selesai karena masih ada hari esok untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Tugas yang harus kalian yang lakukan adalah:
1. Membuat script siaran untuk durasi 4 menit (terdiri dari opening, info, dan closing).
2. Tema siaran tentang Yogyakarta, boleh membahas tentang makanan, minuman, budaya, dll.
3. Nama program siaran bebas terserah kalian. So be creative! :)
4. Script di-copy sebanyak 5 kali (Jangan lupa berikan nama penulis yah!)
5. Terakhir, banyak istirahat, berdoa dan latihan untuk besok yah :)

Hormat kami,
-Panitia #sensEIGHTion-

For more info:
Yetri 085270017820
Cista 08988162136
Ve 089666961688

FB: AJR Jogja
Twitter: @1078AJR


 
 
Picture
Atma Jaya Radio mempersembahkan Kampoeng Sembilan: "Harmonisasi dalam Komunitas". Apa iyu? Yap! Ini adalah waktunya buat Atma Friend yang merasa mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2010 & 2011 untuk bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Atma Jaya Radio. Tema Kampoeng Sembilan: "Harmonisasi dalam Komunitas" dipilih menjadi tema tahun ini, karena kami mencari warga Kampoeng Sembilan untuk menjadi generasi kesembilan di Atma Jaya Radio yang pastinya dapat menjunjung tinggi nilai komunitas dan menjalin harmonisasi dengan komunitas. Apakah itu anda? Bergabunglah bersama kami! Tinggal penuhi syarat-syarat yang terdapat dalam poster diatas. (RG)
-We Always Be Your true Friend-