Picture
Siang itu di hari rabu yang cerah, lobby Kampus 3 Gedung Bonnaventura Universitas Atma Jaya diceriakan dengan adanya Radio Show. Mengusung topik pembicaraan mengenai event Seminar MotiPreneur yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi, acara yang di pandu oleh dua host dari Atma Jaya Radio tersebut berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Kali ini Radio Show berkesempatan untuk berbincang langsung dengan ketua panitia beserta koordinator Seminar MotiPreneur. Perbincangan menjadi sangat menarik ketika mereka menceritakan suka duka dalam mengadakan acara berskala nasional tersebut.

Dalam merencanakan dan menjalankan sebuah acara, seringkali harus menghadapi yang namanya masalah atau problem. Seperti yang dikatakan ketua panitia bahwa dalam kepanitiaan seminar motipreneur, mereka sering menghadapi kendala. Diantaranya adalah proses peggalangan dana dan sering terjadinya mis-communication antarsesama panitia atau panitia dengan pihak lain. Hal tersebut juga diamini oleh koordinator acara. Namun, terlepas dari berbagai kendala tersebut, mereka sangat menikmati peran yang mereka mainkan dalam acara besar ini.

Seminar Motipreneur sendiri berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 5 – 6 Maret 2013 dengan menghadirkan 4 narasumber yang sudah malang melintang di bidangnya. Seperti Pulung Agung Dinugraha, SE (Fade out Management), Yoyok Heriwahyono (Owner Restoran Spesial Sambal), Peter Firmansyah (Owner Peter Says Denim), dan juga Motivator kondang Merry Riana. Suasan hari yang panas semakin memanas dan meriah dengan adanya live performance dari DJ yang memutarkan lagu-lagu favorit anak muda. Ditambah pada jam tersebut adalah waktu istirahat untuk para mahasiswa fakultas ekonomi UAJY.  

Selain itu, Radio Show juga mendapat kesempatan emas untuk berbincang langsung dengan Bapak Yoyok Heriwahyono. Beliau adalah owner dari restoran Spesial Sambal atau lebih tenar dengan sebutan SS. Restoran yang menyediakan berbagai macam sambal ini memang sudah terkenal dan telah membuka  25 cabang di seluruh Indonesia. Tanggapan positif diberikan Bapak Yoyok mengenai seminar ini. Menurut beliau acara ini keren, perencanaannya bagus dan terkendali.

Selain memberikan tanggapan, Bapak Yoyok juga memberikan sharing tentang pendirian usaha kulinernya tersebut. Salah satu sumber inspirasi utama sekaligus alasan didirikannya rumah makan tersebut, tidak lain adalah karena beliau sangat mencintai sambal. Menurut beliau, mengelola suatu usaha yang sesuai dengan kesukaan akan lebih terasa enjoy. Beliau juga bertutur bahwa kesulitan yang dialaminya adalah ketika ia memulai usaha tersebut dengan modal kenekatan.

Namun, kenekatan itu membuahkan hasil yang luar biasa ketika telah dikelola dengan sungguh-sungguh dan sabar. Di ujung pembicaraan, Bapak Yoyok memberikan sebuah pesan untuk anak muda yang memiliki jiwa entrepreneur. “Tentukan pilihanmu sekarang dan tunjukkan bahwa anak muda jaman sekarang bisa berhasil dalam usaha yang dimulai dari nol dan juga sukses di studi,”tuturnya serius. Beliau juga menambahkan bahwa nekat adalah modal utama. Namun, jangan mengartikan kenekatan itu dalam arti yang negatif, tetapi dari segi positif dan dikelola dengan positif pula.  Radio Show pun diakhiri sekitar pukul 14.00 dengan DJ performance.

Liputan Radio Show Rabu, 6 Maret 2013

Oleh : Sofi Cahyaningrum – Margaretha Sonya


 


Comments




Leave a Reply